Psikologi Pelayanan
Psikologi dapat dipelajari secara teoritis dan prakis. Psikologi yang dipelajari secara teoritis apabila orang dalam mempelajarinya demi ilmu itu sendiri, tidak dihubungkan dengan soal praktik. Sedangkan yang praktis, psikologi dipelajari dan dihubungkan dengan yang segi praktik. Dalam segi yang praktis ini orang mencari jalan bagaimana dapat mempraktikkan psikologi untuk kehidupan sehari hari
Berikut pengertian Psikologi menurut para Ahli:
- Menurut Plato, psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari sifat, hakekat dan hidup jiwa manusia (psyche = jiwa, logos = ilmu pengetahuan)
- Menurut Mussen & Rosenwieg, psikologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang mind (pikiran) atau The study of mind, tetapi dalam perkembangannya kata mind berubah menjadi behaviour (tingkah laku) sehigga psikologi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia
- Menurut Mac Dugall, psikologi adalah ilmu pegetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia atau human behaviour
Pengertian Pelayanan
Pelayanan merupakan proses interaksi antara seseorang yang berupaya
memenuhi kebutuhan dengan seseorang yang ingin terpenuhi kebutuhannya. yaitu
antara pelanggan / tamu / klien / nasabah / pasien dan para petugas / karyawan
/ pegawai
Dibawah ini akan diurai dengan ilustrasi tentang pengertian pelayanan.
Pelayanan dalam bahasa Inggris disebut Service, yang masing
masing huruf dapat diuraikan sebagai berikut :
S Smile for everyone : selalu tersenyum pada
setiap orang.
E Excellence in everything we do : selalu melakukan yang terbaik dalam
bekerja.
R Reaching out to every guest with hospitality: menghadapi setiap tamu
dengan penuh keramahan.
V Viewing every guest as special: melihat setiap tamu sebagai orang yang
istimewa.
I Inviting guest to return : mengundang tamu untuk datang kembali ke prusahaan
kita.
C Creating a warm atmosphere : menciptakan suasana hangat saat berhadapan
dengan tamu
E Eye contact that shows we care : kontak mata dengan tamu untuk menunjukkan
bahwa kita penuh perhatian terhadap
tamu.
Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa psikologi
pelayanan adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia dalam
proses interaksi kerja di industri jasa pelayanan, yaitu antara
pelanggan/tamu/klien/nasabah/pasien dan para petugas/pegawai/karyawan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar