Senin, 14 September 2015

PSIKOLOGI PELAYANAN

Menyangkut baru masuk minggu-minggu kuliah, saya sendiri ditugaskan untuk mereview kembali apa yang sudah presentasikan dosen selama dikelas,, Lets Check it out!!


Psikologi Pelayanan




Psikologi dapat dipelajari secara teoritis dan prakis. Psikologi yang dipelajari secara teoritis apabila orang dalam mempelajarinya demi ilmu itu sendiri, tidak dihubungkan dengan soal praktik. Sedangkan yang praktis, psikologi dipelajari  dan dihubungkan dengan yang segi praktik. Dalam segi yang praktis ini orang mencari jalan bagaimana dapat mempraktikkan psikologi untuk kehidupan sehari hari

Berikut pengertian Psikologi menurut para Ahli:

  1. Menurut Plato, psikologi adalah ilmu pengetahuan  yang mempelajari sifat, hakekat dan hidup jiwa manusia (psyche = jiwa, logos = ilmu pengetahuan)
  2. Menurut Mussen & Rosenwieg, psikologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang  mind (pikiran)  atau  The study of mind, tetapi dalam perkembangannya kata  mind berubah menjadi behaviour (tingkah laku) sehigga psikologi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang  tingkah laku manusia
  3. Menurut Mac Dugall, psikologi adalah ilmu pegetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia atau human behaviour

 
Pengertian Pelayanan
Pelayanan merupakan proses interaksi antara seseorang yang berupaya memenuhi kebutuhan dengan seseorang yang ingin terpenuhi kebutuhannya. yaitu antara pelanggan / tamu / klien / nasabah / pasien dan para petugas / karyawan / pegawai


Dibawah ini akan diurai dengan ilustrasi tentang pengertian pelayanan. Pelayanan dalam bahasa Inggris disebut Service, yang masing masing huruf dapat diuraikan sebagai berikut :
S       Smile for everyone : selalu tersenyum pada setiap orang.
E       Excellence in everything we do : selalu melakukan yang terbaik dalam bekerja.
R       Reaching out to every guest with hospitality: menghadapi setiap tamu dengan  penuh keramahan.
V       Viewing every guest as special: melihat setiap tamu sebagai orang yang istimewa.
I        Inviting guest to return : mengundang tamu untuk datang kembali ke prusahaan kita.
C       Creating a warm atmosphere : menciptakan suasana hangat saat berhadapan dengan tamu
E       Eye contact that shows we care : kontak mata dengan tamu untuk menunjukkan bahwa  kita penuh perhatian terhadap tamu.
 
Dari  pengertian  tersebut dapat disimpulkan bahwa psikologi pelayanan adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia dalam proses interaksi kerja di industri jasa pelayanan, yaitu antara pelanggan/tamu/klien/nasabah/pasien dan para petugas/pegawai/karyawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar